Pelaksanaan UNBK 2016 SMK Rajasa

Print Friendly, PDF & Email

UNBK 2016 berlangsung mulai hari senin (4/4/2016) kemarin. Surabaya yang merupakan kota yang menggelar UNBK 100%  sempat didatangi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bpk. Anis Baswedan yang bertujuan untuk meninjau langsung pelaksanaan UNBK 2016. Dengan didampingi oleh Gubernur Jatim dan Wali Kota, beliau mendatangi beberapa sekolah yang berada di Surabaya.

unbk-2016-smk-rajasa-2

SMK Rajasa didatangi tamu penting lainnya yaitu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bpk. Syaiful Rachman memantau pelaksanaan UNBK 2016 di SMK Rajasa Surabaya di hari pertama, senin (4/4/2016).

Pelaksanaan ujian yang berbasis komputer ini dibagi menjadi 3 sesi, 3 sesi ini terbagi menjadi 4 ruang leb komputer, dengan adanya pengawas dan teknisi yang standby di dalam ruangan sedangkan untuk proktor standby di ruang kontrol. Dengan menggunakan Handi Talkie (HT)  informasi dari ruang kontrol pun akan tetap tersampaikan ke para teknisi di setiap leb.

unbk-2016-smk-rajasa

Sebelum pelaksanaan UNBK 2016 dimulai semua siswa harus hadir 30 menit sebelum bel, hal ini dikarenakan siswa terlebih dahulu menyimpan barang berharganya di dalam ruang kelas yang dikunci selama pelaksanaan ujian berlangsung. Siswa hanya diperkenankan membawa bulpoin dan kartu peserta saja yang mana kartu peserta ini dibagikan kepada siswa sebelum bel masuk berbunyi.

Bel akan dibunyikan sekitar jam 07:15 untuk sesi satu, kemudian siswa dipersilahkan memasuki ruang leb. Tak langsung mengerjakan soal, siswa terlebih dahulu berdo'a yang dipimpin oleh petugas dari central di ruang guru. Setelah itu siswa akan dibacakan peraturan ujian oleh pengawas berlanjut mengisi daftar hadir.

"Pada jam 07:30 tepat token akan kami distribusikan kepada para teknisi yang selanjutnya para teknisi ini akan memberikan kepada siswa dengan cara menulis token di papan tulis," tambah Bpk.Ragil Suntoro selaku Proktor yang ditemui di ruang kontrol.

Durasi megerjakan soal sekitar 120 menit dimana siswa setelah selesai tidak diperkenankan langsung me-log out tetapi siswa harus mengkoreksi kembali jawabannya setelah mendapatkan intruksi barulah siswa mengklik menu selesai dan log out.

Ketika ujian telah selesai siswa harus mengumpulkan kembali nomor ujiannya, hal tersebut untuk mengantisipasi hilangnya nomor ujian jika dibawa siswa pulang.