Kompetensi Keahlian TKR SMK Rajasa

Print Friendly, PDF & Email

Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Rajasa Surabaya merupakan salah satu kompetensi keahlian yang dimiliki oleh SMK Rajasa Surabaya yang termasuk kedalam prodi teknik otomotif.

Kompetensi Keahlian TKR SMK Rajasa


a. Kurikulum Teknik Kendaraan Ringan:

  • Memahami dasar-dasar kejuruan.   
  • Memahami proses-proses dasar pembentukan logam.
  • Memahami proses-proses mesin konversi energi.
  • Memperbaiki sistem hidrolik dan kompressor udara.
  • Memperbaiki roda dan ban.
  • Memperbaiki baterai.
  • Pemeliharaan / servis sepeda motor.
  • Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools).
  • Melaksanakan prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan.
  • Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja.
  • Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja.
  • Meng-overhoul sistem pendigin dan komponen-komponennya.
  • Memelihara/servis sistem bahan bakar bensin.
  • Memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian.
  • Memperbaiki sistem kemudi.
  • Memperbaiki poros penggerak roda.
  • Memperbaiki sistem suspensi.
  • Memperbaiki kerusakan ringan pada rangkaian / sistem kelistrikan, pengaman.

b. Kelengkapan Tambahan

  • Memperbaikai sistem starter dan pengisian.   
  • Memperbaiki sistem / servis ac (air conditioner).
  • Memperbaiki sistem pengapian.
  • Memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel.
  • Memelihara/servis engine dan komponen-komponen nya.
  • Memelihara sistem transmisi.
  • Memperbaiki sistem rem.
  • Memelihara unit final drive / gardan.

c. Tujuan

  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.   
  • Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
  • Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni.

Semoga informasi diatas bisa memberikan gambaran buat kalian yang ingin masuk ke Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Rajasa Surabaya.