Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Rajasa Surabaya

Print Friendly, PDF & Email

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Rajasa Surabaya


1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.

2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat atau dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.

3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Sekretaris/Administrasi Bisnis pada jenjang SMK antara lain adalah:

1. Berbagai lembaga/organisasi pemerintah atau swasta
2. Staf Adminsitrasi
3. Resepsionist
4. Operator telepon
5. Asisten Sekretaris

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Administrasi Perkantoran.

Semoga informasi diatas bisa memberikan gambaran buat kalian yang ingin masuk ke Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Rajasa Surabaya.